12.3.09

This is the last time – We might as well be strangers – part 3 (end)

Dari pembicaraan awal di email yang saya terima, tugas saya adalah membantu memindahkan data dalam bentuk Word ke dalam PDF. Bagi orang seperti saya yang sehari-harinya bernapas di dunia desain dan komputer, pekerjaan itu merupakan salah satu tugas yang mudah.

Tapi ternyata tidak semudah yang saya perkirakan. Kendala yang saya hadapi saat mengerjakan hal itu adalah, Indesign yang digunakan adalah versi Jepang, dengan format penulisan dalam template nya adalah vertikal dari atas ke bawah layaknya buku-buku Jepang.

Pekerjaan yang harusnya bisa selesai (setidaknya dalam bayangan saya) dalam waktu 5 menit, akhirnya menjadi 2 malam 3 hari. Selama hari-hari itu saya kleyengan menghadapi tulisan kanji yang terdapat dalam fungsi dan menu dari Indesign.

Saat itulah saya menyadari kenapa hampir semua perusahaan yang saya kirimi surat lamaran selalu mengharuskan bahasa Jepang tingkat bisnis saat mencari seorang desainer. Rupanya kendalanya nanti ada pada software yang akan digunakan, bukan kendala komunikasi.

Tadinya saya pikir perusahaan-perusahaan tersebut melakukan diskriminasi terhadap orang asing, walaupun saya tetap beranggapan dalam hal tertentu negara ini adalah negara yang penuh diskriminasi. Sepertinya menjadi orang asing disini termasuk kejahatan, terutama menjadi orang asing yang tidak menguasai bahasa Jepang.

Eniwe, perhitungan yang meleset itu menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan karena saya bisa mengalami banyak hal menarik selama tinggal beberapa hari di tempat mereka. Setiap hal yang kurang menyenangkan atau tidak sesuai rencana, pasti selalu terdapat hal yang luar biasa di baliknya.

Pertama, Saya jadi bisa menikmati tidur yang luar biasa. Saya tidur di kamar tamu dimana terdapat sebuah ranjang yang keterlaluan empuknya, ditambah bed cover dan selimut hangat. Sungguh berbeda dengan futon saya yang tipis dan keras itu. Saya seakan tidak mau bangun.

Kedua, saya bisa merasakan membuang perasaan di toilet ramah lingkungan. Saat membuang perasaan saya yang tidak enak, saya terkagum dengan dekorasi toilet mereka yang sungguh berkesan natural. Ditambah dengan banyak jangkrik dan juga laba-laba besar di dinding, suasana alam nya menjadi lebih terasa.

Yang lebih mengagumkan adalah toilet ini tidak menggunakan flush layaknya toilet modern. Jadi perasaan yang terbuang itu langsung ‘mak plung’ ke dalam septic tank yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga bisa mengolah limbah manusia menjadi pupuk.

Ketiga, saya bisa menikmati makanan yang ditanam sendiri. Memang bukan saya yang menanam sayur-mayur nya, tapi saat menikmati makanan yang dihidangkan, sungguh luar biasa dan memiliki kelezatan yang ‘lain’. Terasa lebih segar.

Keempat, saya bisa mulai belajar mengurangi kegugupan saya terhadap anjing. Sudah lama sebenarnya saya ingin mengatasi trauma saya dan memulihkan hubungan mesra saya dengan anjing. Dan seatap dengan enam anjing sepertinya merupakan terapi yang jitu nantinya.

Kelima, saya mendapatkan banyak pesanan kerja. Karena saya sangat membantu mereka, saya jadinya diberikan tanggung jawab untuk mengerjakan 3 buah website mereka dan mengarahkan tampilan serta estetika dari keseluruhan buku-buku yang akan diterbitkan di masa yang akan datang.

Saya sama sekali tidak menyangka bahwa niat awal saya yang ‘sekedar’ ingin berbuat sedikit kebaikan bagi sesama, malah mendatangkan berkat bertubi-tubi dan pengalaman-pengalaman lain yang sungguh luar biasa.

Hidup itu sungguh tidak bisa ditebak tapi bisa dipastikan akan selalu mengagumkan.

Interesting story? Share it to your friends:

  • Facebook
  • Twitter
  • Digg
  • del.icio.us
Comments
 
  1. Kania says:

    Wekkekekekke…..memang…hidup itu susah ditebak dan penuh dengan misteri. Seperti Mas Soyuz dan adik….adalah contoh orang yang susah ditebak wakakkakakak…….

  2. maya says:

    nice..senang membacanya :)

  3. soyuz says:

    @nia: heheheh…iya betul skali.

    @maya: mayaaaa!! welkum back!

  4. Mei Mei says:

    good. org bae emank byk berkah ne :)

Add Yours

Line breaks are converted automatically. Please make sure that you have read the post before posting your thoughts. A valid email is a must but don't worry, it will never be displayed anywhere on this website. It is greatly appriciated if your comment could exceed 3 written lines. Please be polite and thoughtful of others. Comments which are derogatory will be deleted.

Please stay on topic: no name-calling, flaming or trolling. Spam and irrelevant comments will be deleted, your IP will be banned, and any URLs in your comment will be blacklisted.