5.16.10

Finish line – Downhill from here

Tidak terasa sudah 4 tahun berlalu sejak saya mulai menulis blog ini. Tadinya blog ini hanya sekedar blog-blog biasa saja. Mencatat makan apa hari ini, lagi ngapain, dan lain-lain. Ya, seperti layaknya blog.

Kemudian sejak saya pindah ke Jepang, blog ini menjadi tempat untuk menyimpan dan berbagi cerita dengan menuliskan perjalanan hidup saya selama di Jepang. Tentunya dengan harapan dapat bermanfaat bagi yang membaca, dan juga memberikan updet kabar saya bagi teman-teman di Indonesia.

Mulanya saya agak belagu menulis dalam bahasa Inggris. Ceritanya sih biar mendunia gitu :p. Sampai pada suatu saat saya mengetahui kalau bos saya di kantor ternyata membaca blog saya juga. Saya kurang tau apa di Jepang semua bos punya hobi membaca blog karyawannya.

Lantas karena alasan privasi, saya mulai menulis dalam bahasa Indonesia. Ternyata menulis dengan bahasa ibu memang lebih mantap. Saya perhatikan cerita-cerita yang saya tulis semakin lama semakin panjang.

Seringkali kalau tidak saya tahan, akan kebablasan menjadi ribuan kata. Pada akhirnya draft tulisan tersebut harus saya babat disana-sini supaya tidak terlalu panjang. Selain itu saya juga perhatikan bahwa cerita saya jadi lebih berbobot. Tidak berat tapi menarik *sekali-sekali memuji diri sendiri :p*. Saya sering membaca kembali cerita-cerita yang lama dan saya menikmati cerita-cerita yang saya tulis.

Jumlah pengunjung juga mengalami peningkatan. Tidak seperti blog lain sih, pengunjung blog ini paling 20an sebulan. Rata-rata adalah blogger yang sempat saya tinggali jejak, dan saya memang jarang meninggalkan jejak dimana-mana. Jumlah yang ikutan nimbrung di kolom komentar juga meningkat perlahan. Dan saya senang sekali bisa mengenal banyak teman baru lewat blog ini.

Suatu ketika saya baru mengetahui kalau bos di perusahaan kedua juga senang membaca blog saya. Padahal beliau bule dan tidak mengerti bahasa Indonesia. Beliau bilang ingin belajar bahasa Indonesia karena penasaran dengan isi cerita saya yang sepertinya menarik serta banyak yang meninggalkan komentar (dan mayoritas perempuan).

Bos ketiga, si George Clooney, sama sekali tidak peduli dengan blog saya. Beliau seorang blogger terkenal, jadi tidak ada waktu untuk membaca blog yang nggak jelas dan nggak bermutu :p

Saya tetap menulis walaupun seringkali tidak bisa menjaga komitmen untuk menulis seminggu sekali. Semakin lama masa interval antar cerita menjadi semakin panjang. Tadinya sebulan ada dua tulisan, berubah menjadi dua bulan ada satu tulisan. Jumlah pembaca pun semakin menurun karena setiap kesini kok nggak ada cerita baru. Pasti bete berat.

Dengan tertatih saya terus paksakan menulis. Bukan karena saya tidak suka menulis, tapi mencari waktu untuk menulisnya itu lho. Biasanya di saat-saat tersebut saya akan mengganti tampilan supaya dengan suasana baru, diharapkan saya lebih semangat menulis. Tapi pengaruh tampilan baru itu biasanya hanya sesaat saja. Saya kembali malas :p

Beberapa saat setelah bergabung dengan Om dan Tante, saya baru tau kalau ternyata si Tante juga suka baca blog saya. Beliau lebih ‘niat’ dibanding atasan-atasan sebelumnya karena artikel saya sampai diterjemahkan menggunakan perangkat lunak penterjemah.

Beliau selaku penulis memang senang membaca artikel-artikel dari penulis lain. Dan beliau mengatakan tulisan saya bagus *ehem* dan berencana untuk berkolaborasi dengan saya untuk menulis, karena beliau menganggap saya sebagai sesama rekan penulis. Tentu saya bangga sampai hidung saya kembang-kempis. Membayangkan berkolaborasi dengan penulis-penulis yang telah banyak mendapatkan penghargaan tentu sangat menyenangkan.

Eniwe, seperti yang kita ketahui bersama, saya sudah meninggalkan Jepang sekitar sebulan yang lalu. Sejak saat itu tidak ada cerita baru disini. Petualangan di Jepang sudah berakhir, sehingga saya pun sampai pada keputusan untuk menghentikan aktivitas di blog ini. Tentunya cerita-cerita yang sudah saya tulis akan tetap saya simpan disini sebagai bacaan ringan saat saya ingin bernostalgia kembali sambil ngopi dan makan coklat. Selain itu saya juga ingin cerita-cerita disini bisa menginspirasi atau sekedar menghibur pembaca-pembaca baru yang kebetulan nyasar kemari.

Tapi jangan kuatir. Saya merencanakan sebuah rumah baru untuk petualangan terbaru saya. Seperti biasa, saya nggak akan mengumbar alamat nya ke sembarang tempat :d. Saya berencana untuk membuatnya sedikit eksklusif, supaya tidak diusik oleh atasan-atasan yang dulu maupun yang sekarang. Jadi silakan tinggalkan pesan di kolom komentar di bawah ini atau mengirimkan email ke soyuzno/at/gmail/dot/com untuk mendapatkan pemberitahuan kapan dan dimana rumah baru dari blog saya :)

Terima kasih banyak saya haturkan atas kesetiaan para pembaca yang budiman dan budiwati yang selama ini mengikuti cerita-cerita saya yang ringan, nggak mutu, tapi bikin ketagihan *memuji diri sendiri lagi :p*. Sampai ketemu lagi ya!

Interesting story? Share it to your friends:

  • Facebook
  • Twitter
  • Digg
  • del.icio.us
Comments
 
  1. sakuralady says:

    hahaha, ko Soy..akhirnya ada postingan baru..
    Daku mao dikabarin rumah baru.. hehe..

  2. soyuz says:

    hehe. buat sakuralady pasti kukabari :d

  3. uchie kamenashi says:

    jangan berhenti ceritanya sampai di sini dong….
    kan aku juga pembaca setiamu hehehe….
    aku kirim email ya biar dpt alamat rumah barumu ^^

  4. arman says:

    mau dong dikasih tau blog barunya…
    soalnya gua fans blog ini nih… gak selalu ngasih komen, tapi selalu baca lewat google reader. :)

    thanks!

  5. soyuz says:

    @uchie: hehehe…makasi ya atas support nya. nggak berenti kok ceritanya. hanya dipindah ke rumah baru, demi kenyamanan bersama qeqeqe..

    @arman: hehe..thanks bro buat support nya. pasti akan gw kabarin rumah baru nya.

  6. Mei Mei says:

    gue ya takk :D ada makan2 ga di rumah baru ne? xiixix :P
    biasa kan ada sesajen dulu kalo pindah rumah kakakka

  7. soyuz says:

    beres mei :d

    makan2 di rumah masing2 dulu, baru ke rumah baru gw qeqe.

  8. milka says:

    Soy, mau dong dikabarin rumah barunya :)

  9. natali says:

    mau mauuuu….diundang kan gua dirumah barunya :D

  10. anastasia says:

    hi soyuz,

    loooong time no read, banyak yang harus dibaca nih hehehe
    dimana rumah barunya?

  11. arri says:

    ngikut dong alamat barunya ditunggu..

  12. maya says:

    dimanakah rumah barunya? kebetulan lg kpingin jalan2 ke tempat baru?:)

  13. soyuz says:

    @all: hehehe…rumah baru nya masi dibangun. nanti semua akan diundang :d

    @anastasia & maya: lama nian kalian berdua nggak ngisi daftar hadir hehe..

  14. VanillaSeven says:

    Akhirnya ketemu sarangnya :D Nice blog :)

  15. winnz says:

    wow~
    sudah 2 tahun yang lalu saya mengikuti blog ini (sudah lupa juga saia)-dari DJO terbang ke sini
    pas memindahkan blog (vox) saia yang terancam…
    tiba2 membaca salah satu bagian tentang DJO dan admin2nya…
    mohon diemail rumah barunya ya~~
    TQ

  16. Kania says:

    Mana kabar mengenai Rumah Barunya ??? HEheheheh…..

    Btw, hari ini tanggal 14 Oktober 2010, bertambah usiamu mas. Adik berdoa semoga kakaknya adik selalu bahagia, kesuksesan selalu menyertaimu. Segala impian, asa dan harapanmu terwujud. Dan Tuhan dengan segenap Kasih-Nya, akan mengirimkan pendamping hidup yang sejati untukmu.

    Happy Birthday yah masnya…..

  17. candra says:

    aku new kid in the town, boleh dong tau rumah barunya, walaupun telat :)

  18. maya says:

    mana rumah barunya niiyyyy ???….*clingak clinguk mode on :D

Add Yours

Line breaks are converted automatically. Please make sure that you have read the post before posting your thoughts. A valid email is a must but don't worry, it will never be displayed anywhere on this website. It is greatly appriciated if your comment could exceed 3 written lines. Please be polite and thoughtful of others. Comments which are derogatory will be deleted.

Please stay on topic: no name-calling, flaming or trolling. Spam and irrelevant comments will be deleted, your IP will be banned, and any URLs in your comment will be blacklisted.